Beberapa Pengertian RAM Dan Fungsi Secara Detainya

Pengertian RAM – Sepertinya Vivo akan menjual ponsel dengan RAM 10GB. Itu hampir sama seperti banyak PC game, dan sekitar 6GB lebih banyak daripada kebanyakan ponsel. Ini memiliki banyak orang menggaruk-garuk kepala mereka dan bertanya mengapa di dunia apakah itu membutuhkan 10GB RAM, dan apakah itu berarti ponsel saya dengan kebutuhan 4GB lebih?

Ini bukan pertama kalinya kami melihat ponsel datang dengan jumlah besar sekali RAM. OnePlus 5T memiliki konfigurasi 8GB, dan melihat 6GB di dalam beberapa telepon menjadi sangat umum. Mari kita bicara tentang RAM apa, bagaimana ponsel Anda menggunakan RAM, dan mengapa telepon memiliki 250% lebih banyak dari pada “perlu”.

Pengertian Ram Pada Hp,Pengertian Rom,Contoh Ram,Sejarah Ram,Pengertian Ram Dan Rom,Ram Android Adalah,Pengertian Hardisk,Pengertian Vga

Apa itu RAM

RAM (Random Access Memory) adalah penyimpanan digital jangka pendek. Komputer (dan ya, telepon Anda adalah komputer) gunakan RAM sebagian besar untuk menyimpan data yang aplikasi aktif – bersama dengan kernel CPU dan sistem operasi – menggunakan RAM karena sangat cepat saat membaca dan menulis. Bahkan hard drive tercepat atau penyimpanan flash lambat saat Anda perlu membaca atau menulis sesuatu “sekarang”, dan sementara CPU di dalam ponsel Anda memiliki cache sendiri untuk menyimpan data yang sedang digunakan untuk perhitungan, tidak banyak yang terjadi. Snapdragon 835 (contohnya) memiliki 2MB cache untuk core berkinerja tinggi dan 1MB untuk core berkinerja rendah. 2MB cache hanya cukup untuk menahan apa yang sedang digunakan sekarang, jadi Anda perlu tempat untuk menahan apa yang sedang digunakan selanjutnya.

Membaca dan menulis Sangat cepat Pengaruh RAM

Kernel OS bertindak sebagai polisi lalu lintas untuk segala hal yang terjadi jika menggunakan perangkat keras telepon Anda. Saat permainan atau aplikasi apa pun ingin menggambar layar baru, data dibuat untuk digunakan agar masuk ke RAM di mana OS dapat mengurainya, membiarkan CPU dan GPU melakukan pemrosesan yang diperlukan, lalu mengirimkannya ke layar, jadi titik warna yang tepat bisa ditarik di tempat yang tepat.

Semuanya terdengar rumit, dan memang, tapi yang perlu Anda pahami adalah tiga hal mendasar: RAM adalah tempat menyimpan data dalam waktu singkat, dan data yang ditempatkan di sana dapat dibaca atau ditulis dengan sangat cepat. Data dalam RAM terhapus saat Anda mematikan telepon. Sebagian RAM di telepon Anda digunakan segera setelah Anda menghidupkannya kembali dan tidak ada aplikasi atau bahkan OS yang dapat menggunakan bagian itu. Ini berlaku untuk komputer manapun; mereka (hampir) semua memiliki RAM dan mereka menggunakannya dengan cara yang sama.

Pengertian Ram Pada Hp,Pengertian Rom,Contoh Ram,Sejarah Ram,Pengertian Ram Dan Rom,Ram Android Adalah,Pengertian Hardisk,Pengertian Vga

Bagaimana ponsel Anda menggunakan RAM-nya

RAM di ponsel Anda banyak digunakan sebagai tempat aplikasi yang sedang berjalan menyimpan datanya. Dalam istilah yang paling sederhana, itu berarti lebih banyak RAM dapat membiarkan lebih banyak aplikasi berjalan di latar belakang tanpa memperlambat telepon Anda. Tapi seperti kebanyakan hal, itu tidak sesederhana itu. RAM di ponsel Anda sudah digunakan sebelum Android bahkan menyala dan berjalan.

Kami tidak akan membicarakan manajemen tingkat rendah yang mewah atau hal-hal seperti kompilasi di sini, tapi ini pada dasarnya bagaimana telepon Anda menggunakan RAM di dalamnya.

Ruang kernel: Ponsel Android Anda berjalan di atas kernel Linux. Kernel disimpan dalam jenis file terkompresi khusus yang diekstraksi langsung ke RAM selama urutan power-on perangkat. Memori yang dipesan ini menampung kernel, driver dan modul kernel yang mengendalikan perangkat keras dan ruangan untuk menyimpan data masuk dan keluar dari kernel.

RAMdisk untuk file virtual: Ada beberapa folder dan file di pohon sistem yang tidak “nyata”. Mereka adalah pseudofiles yang ditulis saat boot dan menyimpan hal-hal seperti tingkat baterai dan data kecepatan CPU. Dengan Android, direktori keseluruhan / proc adalah salah satu sistem pseudofile ini. RAM dicadangkan sehingga mereka punya tempat tinggal.

Radio jaringan: Data tentang pengaturan IMEI dan radio Anda disimpan di NVRAM (Memori Non-Volatile yang tidak terhapus saat Anda mematikan ponsel), namun bisa ditransfer ke RAM bersamaan dengan perangkat lunak yang diperlukan untuk mendukung modem saat pertama kali menghidupkan telepon. Ruang dicadangkan untuk menyimpan semua ini di memori.

GPU: Adaptor grafis di telepon Anda memerlukan memori untuk beroperasi. Itu disebut VRAM, dan ponsel kita menggunakan GPU terintegrasi yang tidak memiliki VRAM yang berdiri sendiri. RAM sistem dicadangkan untuk ini.

Setelah selesai dan telepon Anda aktif dan berjalan, yang tersisa adalah RAM yang tersedia yang harus dioperasikan dan menjalankan aplikasi Anda. Sebagian dari ini juga disediakan untuk hal-hal yang perlu terjadi dengan cepat (fungsi dan fungsi sistem operasi tingkat rendah) namun disediakan dengan cara yang berbeda melalui apa yang disebut pengaturan minfree. Ini adalah pengaturan berbasis perangkat lunak orang-orang yang menulis OS dan membangun kernel untuk perangkat telepon Anda, dan ini membuat jumlah minimum RAM minimum ditetapkan (dengan demikian, minfree) sehingga fungsi tingkat rendah ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan tanpa harus tunggu aplikasi membebaskan ingatan.

Semua ini mengapa daftar RAM yang tersedia dalam pengaturan tidak sama dengan jumlah total RAM yang terpasang di dalam telepon Anda. Jumlah penuh benar-benar ada di dalam, tapi sebagian darinya (biasanya sekitar 1GB atau lebih) dicadangkan. Aplikasi Anda bisa memperjuangkan sisanya.

RAM yang tidak terpakai adalah RAM yang terbuang sia-sia

Anda mungkin pernah mendengar ucapan ini tentang Android dan manajemen memori. Ini adalah hal Linux, dan Android adalah OS berbasis kernel Linux seperti Ubuntu. Yang dimaksud adalah Android dibuat untuk menyedot RAM penuh aplikasi dan data terkaitnya secepat mungkin dan tetap kenyang, sehingga hanya jumlah minfree dari atas yang dibuka untuk tugas rumah tangga.

Ini berbeda dengan cara kerja Windows, meski jika Anda menggunakan Mac, itu sangat dekat. Windows menjaga RAM tetap terbuka dan gratis untuk aplikasi yang membutuhkannya. Linux menyimpan aplikasi di memori sampai memori dibutuhkan di tempat lain. Itu juga diputuskan oleh pengaturan minfree perusahaan yang membuat ponsel Anda. Aplikasi dan prosesnya diberi prioritas berdasarkan apa yang mereka lakukan, bagaimana mereka melakukannya dan kapan terakhir kali mereka berada di layar. Bila Anda ingin membuka aplikasi baru, aplikasi dengan prioritas lebih rendah ditutup sehingga aplikasi baru memiliki RAM yang dibutuhkannya.

Saat Anda menggunakan telepon Anda, Anda akan menggunakan banyak aplikasi yang sama lebih banyak daripada yang lain. Aplikasi ini akan cenderung tetap tinggal di RAM dan berjalan sehingga tersedia dalam sekejap. Setelah RAM bebas bukan berarti aplikasi perlu memulai ulang proses yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan mereka, dan itu lebih lambat dan menggunakan lebih banyak daya baterai daripada membuat mereka tetap tinggal di RAM.

Ini adalah ungkapan yang benar untuk ponsel Android (atau iOS) Anda, namun bukan komputer Windows atau Chromebook Anda (juga OS berbasis Linux tapi menggunakan zcache dan sandboxing dalam skema pengelolaan RAM yang sangat khusus) karena mereka mengelola RAM secara berbeda.

Apa yang memiliki lebih banyak RAM di dalam telepon saya lakukan untuk saya?

Anda sudah tahu jawaban singkat karena di atas – memungkinkan lebih banyak aplikasi berjalan di latar belakang. Tapi jawaban yang panjang sangat menarik.

RAM 8GB atau 10GB sudah lengkap untuk ponsel Android biasa. Ponsel seperti Nexus atau ponsel Android One / Android Go bisa lolos dengan RAM bebas 1,5 – 2GB setelah telepon di-boot. Begitu juga Galaxy S8, tapi hanya karena pengaturan minfree diatur agar aplikasi rumah (user interface) terpaksa tetap terbuka, dan menggunakan sebagian RAM yang dipesan. Antarmuka Samsung lebih intensif sumber daya, dan Samsung melakukan hal yang sangat cerdas di sini dimulai dengan Galaxy S6 dan membunuh sebagian besar jeda layar utama. Kerja bagus, Samsung!

Dengan menggunakan apa yang diceritakan kepada kita, kita dapat melihat bahwa ponsel seperti Galaxy S8 membutuhkan lebih banyak RAM yang terpasang. Karena hampir semua ponsel dilengkapi dengan RAM 4GB, tidak ada perbedaan nyata di sini dan ponsel Nexus hanya memiliki sedikit memori untuk memiliki aplikasi atau dua aplikasi lain dan berjalan karena antarmuka tidak menggunakan banyak. Ini juga mengapa Samsung, LG, HTC dan lainnya telah menyertakan cara untuk membunuh proses yang berjalan di luar pengaturan minfree pada saat dibutuhkan sedikit dorongan dalam kinerja. Jika Anda membunuh semua aplikasi yang Anda bisa, aplikasi yang belum ada di memori akan mulai sedikit lebih cepat.

Jika Anda mengambil langkah lebih jauh dan melakukan hal-hal seperti pengaturan desktop DeX Samsung, memiliki lebih banyak RAM bisa menjadi keuntungan besar. DeX, misalnya, bisa menggunakan lebih banyak RAM yang disisihkan sebelum ponsel ini berjalan untuk VRAM dan memiliki potongan yang bagus untuk digunakan sendiri sehingga aplikasi atau proses lain dapat berjalan tanpa terganggu. Dan Anda bahkan bisa lebih kreatif jika Anda mengembangkan perangkat lunak untuk telepon dengan RAM “ekstra”.

Idealnya, ponsel dengan RAM fisik ekstra (misalkan 6GB memberi tambahan 2GB) bisa menggunakan driver perangkat yang memungkinkan DMA (Direct Memory Access) untuk user interface. Ini menyisihkan RAM saat boot hanya untuk layar awal, input sentuh, dan hal lain yang membuat ponsel Anda tidak responsif terlepas dari hal lain yang berjalan atau berjalan di luar RAM yang disisihkan untuk DMA. Apakah Anda siap untuk respon sentuhan instan atau bergulir? Karena begitulah cara mendapatkannya.

Pengertian Ram Pada Hp,Pengertian Rom,Contoh Ram,Sejarah Ram,Pengertian Ram Dan Rom,Ram Android Adalah,Pengertian Hardisk,Pengertian Vga

Anda tidak membutuhkan lebih banyak, tapi Anda selalu bisa menggunakan lebih banyak.

Ini akan membiarkan kernel mengelola sebagian RAM, namun dengan cara yang berbeda dari parameter memmap yang ditetapkan untuk pengaturan minfree saat kernel dibangun. Perangkat lunak dan OS masih mengendalikan input dan output ke antarmuka pengguna Home, namun tidak ada aplikasi yang bisa menimpa salah satu data di bagian RAM ini, dan antarmuka akan selalu siap untuk bertindak berdasarkan masukan Anda.

Sekarang perpanjang ide ini menjadi “mode permainan” atau solusi desktop atau cara khusus lainnya yang bisa digunakan ponsel Android. Masih akan ada lebih dari cukup RAM untuk sistem untuk melakukan hal sementara RAM ekstra ada di sana untuk memainkan game 3D yang berat perangkat lunak tanpa membunuh semua aplikasi di latar belakang, atau meletakkan ponsel Anda di dudukan atau shell laptop untuk digunakan. Dalam mode desktop ada memori yang dibutuhkan disisihkan hanya agar bisa bekerja.

RAM murah dan memiliki lebih banyak sangat bagus pada lembar spesifikasi

Perusahaan mengenakan biaya banyak untuk model dengan lebih banyak RAM, namun sebagian besar karena mereka memiliki model lain untuk diproduksi dan daftar bagian lain untuk dipelihara. Chip sebenarnya yang masuk ke dalam telepon hanya dengan biaya sekitar saat dibeli pada volume. Tapi bisa mengatakan bahwa telepon Anda memiliki RAM 6 atau 8 atau bahkan 10GB saat diumumkan bisa pergi jauh sebelum spesifikasi.

Ini mengesankan, terutama bagi penggemar teknologi dan pengadopsi awal. Kuakui, itu membuatku tertarik. Saya suka melihat perangkat lunak yang dioptimalkan yang bisa berjalan dengan baik pada perangkat keras minimal karena, bagi saya, ini adalah bentuk seni; kode tulis bisa jadi cantik. Tapi aku juga tertarik dengan apa yang memiliki RAM tambahan bisa berarti ketika keduanya telah berkumpul bersama di perangkat yang sama. Melihat 8GB RAM dalam spesifikasi langsung membuat saya tertarik, dengan cara yang sama dengan tampilan resolusi tinggi.

Melihat spesifikasi yang lebih baik adalah cara yang pasti untuk menarik minat pengadopsi awal.

Perusahaan yang membangun ponsel mengetahui hal ini. Mereka juga tahu bahwa meletakkan lebih banyak RAM di telepon berarti mereka bisa lolos dengan sedikit pengoptimalan perangkat lunak (hal yang mahal dan intensif waktu) atau mencoba dan berbuat lebih banyak dengan versi Android mereka. Either way, beberapa dari kita akan membeli hanya karena dari spesifikasi. Itu membuat biaya tambahan sepadan karena orang yang membicarakan produk Anda tak ternilai harganya.

Hal ini sangat penting di Timur. Ponsel dengan spesifikasi lebih mengesankan terjual lebih baik di India dan China (dua pasar yang menunjukkan potensi pertumbuhan terbesar di industri ini) karena lebih banyak orang di India dan China menginginkan perangkat keras yang mengesankan. Katering untuk pelanggan Anda adalah hal yang cerdas.

Bila ini semua dikatakan dan dilakukan, Anda mungkin tidak memerlukan RAM lebih dari 4GB untuk telepon Anda hari ini. Itu akan berubah saat telepon mulai melakukan lebih banyak, itulah sebabnya Nexus One dikirim dengan RAM 1GB dan Pixel 2 dikirim dengan RAM sebesar 4GB. Tapi penting untuk menyadari potensi surplus penyimpanan digital 4 atau 6GB untuk gagasan dan fitur baru. Jangan biarkan RAM tambahan menjadi satu-satunya penentu Anda saat membeli telepon, tapi jangan menuliskannya sebagai gimmick.

HP Samsung Android:

ram yang ternilai sedikit pada hp
Beberapa Pengertian RAM Dan Fungsi Secara Detainya | Bro Zam0 | 4.5