15 Cara Mempercepat Koneksi Internet Tanpa Perlu Aplikasi Tambahan Untuk PC Dan Laptop

Cara Mempercepat Koneksi Internet – Internet kini bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan hidup manusia di era ini. Sebab, hampir semua aktivitas dan pekerjaan, harus terhubung ke internet agar bisa berjalan lancar. Tapi, masalah muncul ketika koneksi internet kita lambat, dan butuh cara untuk mempercepat koneksi internet agar semua aktivitas bisa kembali normal.

Bayangkan, dengan internet, sekarang kita dapat terhubung dengan berbagai orang dengan mudah, dapat menemukan informasi secepat kilat, berjualan tanpa perlu menghadapi wajah lelah, dan sebagainya. Dulu tidak mungkin dilakukan dengan cepat.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi,Cara Mempercepat Koneksi Internet Android,Cara Mempercepat Koneksi Internet Cmd,Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Root,Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 7,Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10,Cara Mempercepat Koneksi Internet Modem,Cara Mempercepat Koneksi Internet Indosat

Karena kita sangat bergantung pada ke internet, jika ada masalah dengan koneksi internet, maka banyak pekerjaan di kantor menjadi terhambat. Bahkan kita sering bertemu orang-orang yang marah-marah hanya karena internet lambat atau kehabisan kuota internet.

Di sini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang cara mempercepat koneksi internet, terutama untuk perangkat komputer dengan mudah dan kuat. Namun bagi Anda yang ingin tahu cara mempercepat koneksi internet di hp Android, bisa membaca tutorialnya di link di bawah ini:

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Komputer

Ada banyak cara untuk mempercepat koneksi internet di komputer Anda. Namun, kami hanya memberikan informasi tentang cara mempercepat koneksi internet tanpa menambahkan aplikasi apa pun. Jadi lebih aman dan lebih mudah dilakukan:

1. Pertama Periksa Kecepatan Internet Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa kecepatan koneksi internet internet di mana Anda berada. Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan situs speedtest.net, di sana Anda dapat memeriksa berapa banyak kecepatan koneksi internet yang sebenarnya Anda dapatkan.

Periksa apakah kecepatan yang Anda dapat cocok dengan tawaran yang ditawarkan atau tidak. Misalnya, Anda menggunakan layanan penyedia internet X dengan paket 10MB / dtk. Maka Anda harus berhak untuk kecepatan sesuai dengan nilai yang ditawarkan, yaitu 10MB / s.

Jika ternyata setelah diperiksa kecepatannya tidak seperti yang diharapkan. Anda dapat mengajukan keluhan atau bertanya kepada penyedia internet pusat panggilan tentang penyebab koneksi internet yang lambat di tempat Anda.

2. Ganti Penyedia Internet

Ganti penyedia internet tidak selalu harus disebabkan oleh layanan yang buruk, terkadang ada kondisi tertentu yang menyebabkan kita melakukannya. Misalnya seperti ini, saat ini Anda menggunakan penyedia X untuk internetan di rumah.

Tapi, entah bagaimana kecepatan internet dari provider X di rumah Anda sangat lambat, tetapi teman-teman Anda yang menggunakan penyedia yang sama di area lain bahkan mendapatkan kecepatan internet jauh lebih baik daripada Anda.

Bagaimana bisa? Ini bisa terjadi karena lokasi dan teman Anda yang menggunakan penyedia X berbeda. Ini bisa menjadi lokasi rumah teman Anda lebih dekat ke pengirim sinyal X provider daripada lokasi rumah Anda.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengubah penyedia X ke penyedia lain yang mungkin cocok dengan lokasi rumah. Untuk masalah kecepatan koneksi, semuanya terserah Anda. Tetapi pastikan penyedia koneksi internet pertama yang Anda pilih bagus di mana Anda berada.

3. Periksa Aplikasi dan Program yang Memakan Koneksi Internet

Salah satu penyebab koneksi internet lambat adalah karena banyaknya aplikasi atau program yang berjalan tanpa Anda ketahui. Ini membuat Anda tidak tahu bahwa aplikasi ini cukup memakan data internet. Untuk memeriksanya, ada beberapa cara yang harus Anda lakukan:

  • Tekan Ctrl + Shift + tombol Esc pada keyboard Anda secara bersamaan. Ini adalah jalan pintas untuk membuka layanan task manager. Jika Anda masih ingin melakukan pencarian manajer pencarian sendiri maka Anda dapat melakukannya melalui menu mulai.
  • Setelah task manager berhasil dibuka, maka pilih menu Performance. Kemudian klik Buka Resource Monitor di bawah task manager.
  • Kemudian pilih Jaringan sehingga Anda dapat melihat aplikasi yang datang mengkonsumsi data internet. Semakin banyak aplikasi yang mengkonsumsi data internet Anda, semakin lambat akses internet yang Anda miliki. Jika Anda berlangganan paket internet premium atau terbaik, itu mungkin tidak menjadi masalah, tetapi jika Anda memiliki koneksi kecil, ini bisa menyulitkan Anda.

4. Hentikan Proses Unduhan

Cara mempercepat koneksi internet di komputer selanjutnya adalah berhenti mengunduh. Jika Anda mengunduh file saat menjelajah secara bersamaan, maka efek koneksi internet menjadi lambat.

Sebenarnya itu wajar terjadi. Mengapa? Karena ketika Anda mengunduh file, terutama dalam ukuran besar, maka koneksi internet Anda akan dibagi dan lebih banyak dimakan oleh aktivitas unduh.

Untuk itu, ketahui dulu prioritas Anda saat menggunakan internet. Jika Anda ingin melakukan suatu pekerjaan, maka aktivitas unduh lebih baik ditunda terlebih dahulu hingga pekerjaan Anda selesai.

5. Scan Komputer untuk Bersihkan dari Virus dan Malware

Adanya malware dan virus di komputer Anda tidak hanya akan memperlambat kinerjanya, apalagi koneksi internet Anda juga akan melambat. Apalagi jika komputer Anda terinfeksi adware.

Jika komputer atau laptop Anda terpapar dengan adware saat menjelajahi atau menjalankan aplikasi, biasanya tampak bahwa iklan biasanya berupa video atau iframe. Jenis iklan ini akan menguras banyak koneksi internet. Karena itu, pastikan untuk memindai di komputer secara berkala. Jika perlu, pasang antivus untuk menangkal masalah ini.

6. FUP Anda Habis

Ini sering diabaikan oleh orang-orang yang menggunakan penyedia internet. Kami memberi Anda gambaran ini, Anda adalah penyedia internet penyedia X dengan kecepatan koneksi 10MB / s, tetapi Anda mendapatkan 50GB FUP.

Jika pada akhir bulan atau kecepatan internet tiba-tiba menjadi lambat, ini mungkin karena Anda sudah menggunakan interent melampaui batas FUP yang telah ditetapkan oleh provider X.

FUP sendiri bisa dibilang sama dengan kuota internet, jika FUP Anda sudah mencapai 50GB, maka kecepatan internet Anda yang awalnya 10MB / s akan diturunkan kecepatannya sesuai dengan ketentuan provider.

Oleh karena itu, sebelum berlangganan ke jaringan internet, Anda harus terlebih dahulu memastikan FUP dari penyedia internet Anda. Jangan sampai Anda bahkan memakai internet tetapi tidak memperhatikan hal ini.

7. Jika FUP Utuh Tetapi Koneksi Lambat, Silahkan Hubungi Penyedia

Jika FUP Anda masih utuh tetapi koneksi internet masih sangat lambat, itu berarti masalahnya bukan pada koneksi internet. Ini bisa menjadi masalah karena kerusakan pada modem, kabel jaringan, atau masalah yang datang langsung dari pusat.

Tidak perlu ragu untuk melaporkan adanya gangguan ini, karena ini adalah hak Anda sebagai konsumen. Setelah melaporkan masalah yang Anda alami, penyedia akan mengirim teknisi dalam 3 atau 4 hari kerja untuk melakukan perbaikan.

8. Tingkatkan Kecepatan Koneksi Internet Anda

Koneksi internet yang lambat tidak selalu hasil dari layanan yang buruk dari penyedia yang terburu-buru. Bisa jadi karena kecepatan yang kita dapatkan tidak sebanding dengan jumlah pengguna yang ada.

Misalnya, Anda menggunakan internet dari penyedia X pada 10MB / dtk. Tapi ternyata pengguna internet di rumah Anda sangat banyak hingga internet selalu lambat. Kemudian Anda dapat meminta peningkatan kecepatan internet ke penyedia hingga 20MB / dtk. Dengan begitu koneksi internet akan kembali cepat karena dapat menampung jumlah pengguna yang ada.

9. Gunakan Browser Versi Terbaru

Cara mempercepat koneksi internet selanjutnya adalah memastikan browser yang Anda gunakan adalah versi terbaru. Sebenarnya ini tidak memberikan dampak yang besar. Tetapi dengan menggunakan versi baru, semua jenis bug dan kesalahan yang ada di versi lama dari penyedia telah diperbaiki oleh pengembang.

Ini tentunya akan mempengaruhi kecepatan browsing internet kami. Tentu saja versi terbaru dari kinerja browser akan jauh lebih baik daripada versi lama. Oleh karena itu, perbarui browser yang Anda gunakan untuk memperbaiki masalah koneksi internet Anda.

Jika Anda ingin mengetahui versi browser yang Anda gunakan atau perbarui secara langsung. Lakukan hal berikut di Google Chrome dan Mozilla Firefox:

Google Chrome

  • Buka peramban Google Chrome
  • Klik ikon menu (simbol 3-titik) yang terletak di sudut kanan atas Google Chrome
  • Anda memilih menu Bantuan dan klik Tentang Google Chrome.
  • Ketika Google Chrome Anda sudah menggunakan versi terbaru. Jadi otomatis Google Chrome akan memunculkan kata-kata “Google Chrome sudah up to date”. Jika tidak diperbarui, Chrome akan memperbarui secara otomatis.

Mozilla Firefox

  • Buka browser Mozilla Firefox di komputer atau laptop Anda
  • klik kanan ikon menu (simbol 3 baris) yang terletak di sudut kanan atas Mozilla Firefox.
  • Klik simbol tanda tanya yang terletak di bawah menu.
  • Ketika Mozilla Firefox Anda sudah menggunakan versi terbaru. Jadi otomatis Google Chrome akan memunculkan kata-kata “Firefox sudah diperbarui”. Jika tidak diperbarui, segera perbarui.

10. Hapus Riwayat Browsing di Browser Anda

Menghapus riwayat browser tidak perlu peduli dengan menjaga privasi penjelajahan yang kita lakukan dari orang lain. Lebih jauh lagi, ini adalah salah satu cara untuk mempercepat koneksi internet.

Karena menghapus riwayat browsing juga berfungsi untuk meringankan kinerja browser. Semakin banyak riwayat penelusuran yang Anda simpan, semakin berat kinerja browser Anda, sedangkan koneksi internet tidak masalah.

Jika Anda ingin menghapus riwayat penelusuran di browser Anda, dapat dilakukan dengan cara berikut di Google Chrome dan Mozilla Firefox:

Google Chrome

  • Buka peramban Google Chrome di komputer atau laptop Anda
  • Tekan Ctrl + Shift + Del untuk langsung membuka halaman Clear Browsing Data
  • Periksa semua opsi yang muncul, lalu di kolom Hapus Item Berikut Dari, pilih Awal Waktu.
  • Klik Hapus Data Penjelajahan untuk menghapus semua riwayat penelusuran.

Mozilla Firefox

  • Buka browser Mozilla Firefox di komputer atau laptop Anda
  • Tekan Ctrl + Shift + Del untuk membuka halaman Clear All History
  • Periksa semua opsi yang diangkat, lalu di kolom Bersihkan Semua Riwayat, pilih Semuanya.
  • Klik Bersihkan Sekarang untuk menghapus semua riwayat penelusuran.

11. Batasi Pengguna Wifi Anda

Untuk cara mempercepat koneksi internet yang satu ini, itu tergantung pada Anda, apakah akan melakukannya atau tidak. Tetapi jika ditanya, apakah akan melakukannya atau tidak? Kami pikir ini harus dilakukan.

Membatasi bukan berarti pelit, terkadang kita membutuhkan koneksi internet yang baik sehingga kita bisa melakukan semua pekerjaan dengan tenang dan cepat. Jika internet digunakan bersama tidak terbatas, maka kita kehilangan uang, karena koneksi menjadi lambat dan akan ada banyak pekerjaan yang tertunda.

Untuk informasi, semakin banyak pengguna yang terhubung ke jaringan internet, dalam hal ini Wifi, semakin besar penggunaan bandwidth. Ini menyebabkan koneksi internet menjadi lebih lambat karena harus dibagi menjadi banyak klien.

Mungkin jika Anda menggunakan koneksi 100MB / s, ini tidak akan menjadi teras. Tetapi jika menggunakan koneksi 10MB / s saja, tentu efeknya akan terasa jika digunakan banyak orang.

12. Posisikan Diri Anda Dekat Modem

Jika Anda berada di lokasi yang jauh dari modem, sinyal internet yang Anda dapatkan akan lebih lemah. Karena itu, pastikan jarak antara Anda dan modem sudah dekat. Jika Anda menginstal wifi, pastikan modem tidak ditempatkan di lokasi di mana terdapat banyak penghalang seperti dinding.

13. Ganti Modem yang Lebih Lama dengan Versi Yang Lebih Baru

Salah satu penyebab koneksi internet lambat adalah karena modem kuno yang Anda gunakan. Jika Anda memiliki lebih banyak dana, lebih baik Anda membeli modem baru yang memiliki spesifikasi lebih baik.

Sebagai saran, pilih modem yang sudah mendukung frekuensi 4G LTE, karena sekarang sudah ada banyak area jaringan LTE yang sudah tertutup. Tetapi jika modem ternyata berasal dari penyedia internet, hubungi penyedia untuk meminta perubahan modem ke model terbaru.

Ini karena modem yang mereka gunakan diatur dengan menggunakan jaringan mereka. Jadi, jangan mengubah asal Anda!

14. Gunakan Repeater jika Dibutuhkan

Tidak semua tempat di rumah Anda dapat dihubungi oleh modem. Jika Anda tinggal di rumah yang cukup besar, biasanya akan ada tempat tertentu yang tidak mendapatkan jaringan internet karena jangkauan terbatas dari modem.

Misalnya, modem diletakkan di lantai 1, pengaruh jaringan internet di lantai 2 rumah sangat lambar. Oleh karena itu, perangkat tambahan diperlukan untuk membuat jaringan internet di lantai 2 berjalan dengan baik. Masalahnya, tidak mudah menambahkan modem untuk mengatasi hal ini.

Salah satu cara untuk mempercepat koneksi internet karena masalah ini adalah dengan menggunakan repeter. Repeater sendiri adalah alat yang berfungsi untuk memperluas jangkauan sinyal wifi yang dipancarkan oleh modem.

Cara kerja repeater adalah menerima sinyal dari modem, maka sinyal akan dipancarkan kembali juga ke komputer atau laptop Anda yang terhubung dengan baik pada sinyal wifi.

15. Ubah DNS

Cara memperkuat koneksi internet yang satu ini cukup kuno, tetapi masih banyak orang melakukannya. Mengubah DNS di komputer adalah membuat koneksi internet Anda lebih cepat, meskipun pada kenyataannya itu tidak terlalu signifikan.

Untuk DNS, umumnya Anda akan mendapatkan DNS default dari penyedia ISP yang Anda gunakan. Tetapi, jika Anda ingin mengubah DNS, kami sarankan menggunakan Google DNS. Karena Google DNS telah dikenal cepat dan responsif terhadap penyedia DNS.

Untuk menggunakan Google DNS, Anda perlu mengatur ulang DNS yang digunakan di komputer atau laptop Anda. Ingin tahu cara mengubah DNS ke DNS Google? Ini adalah dua cara lengkap.

  • Klik kanan ikon jaringan atau akses internet yang terletak di sisi kanan komputer atau laptop.
  • Selanjutnya pilih Open Network and Sharing Center.
  • Klik koneksi Anda saat ini atau koneksi internet dan pilih properti.
  • Klik dua kali pada Internet Protocol Version 4 (TCP / IPv4)
  • Klik Gunakan alamat server DNS berikut, kemudian isi 8.8.8.8 di bidang Server DNS pilihan. Dan isi 8.8.4.4 di kolom server DNS alternatif.
  • Klik OK untuk menyelesaikan perubahan DNS.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi,Cara Mempercepat Koneksi Internet Android,Cara Mempercepat Koneksi Internet Cmd,Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Root,Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 7,Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10,Cara Mempercepat Koneksi Internet Modem,Cara Mempercepat Koneksi Internet Indosat

Sebagai informasi tambahan silahkan Anda ikuti informasi berikut ini:

Mempercepat Koneksi Internet Tanpa Perlu Aplikasi Tambahan

Semua cara untuk mempercepat koneksi internet yang kami berikan dijamin tanpa memerlukan aplikasi tambahan, jadi lebih aman untuk dilakukan. Pertama mengetahui penyebab koneksi internet yang lambat Anda, dan kemudian menerapkan cara mempercepat koneksi internet yang paling tepat sesuai dengan penyebab yang Anda temukan.

15 Cara Mempercepat Koneksi Internet Tanpa Perlu Aplikasi Tambahan Untuk PC Dan Laptop | Bro Zam0 | 4.5